Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ASAM BASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROPBLEM SOLVING (CPS)
Nama: IQBAL RAHMAT ZURAJMAN
Tahun: 2022
Abstrak
Iqbal Rahmat Zurajman, 2022. Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi asam basa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS). Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi asam basa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS) serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian pretest-posstest control grup design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MA As’adiyah Tolai Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 44 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah sampling jenuh maka kelas kelas XI A sebagai kelas kontrol dan XI B sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan pemecahan masalah pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 70 lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yang menggunkan model pembelajaran creative problem solving diperoleh nilai rata-rata-rata 82. Analisis setiap indikator kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa siswa telah mempu memamahi masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan dengan baik. Namun, siswa belum mampu memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan baik. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai sig-(2-tailed) sebesar 0,04 < 0,05. Data menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi asam basa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, model pembelajaran creative problem solving (CPS), Materi Asam Basa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up