JudulAnalisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Palu |
Nama: SALSYAH NUR ALJUFRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Salsyah Nur Aljufri, 2024. “Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidkan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran augmented reality terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 7. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Palu. Sampel dipilih secara purposive sampling dengan dua kelas yaitu kelas XI 8 sebanyak 36 siswa dan kelas XI 10 sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pengolahan data mengunakan skala likert dari 5 pilihan skala kriteria yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Ragu-Ragu (RR), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran augmented reality berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 7 Palu pada materi bentuk molekul. Kata Kunci: Augmented Realit , Motivasi Belajar Siswa, mata pelajaran kimia |