JudulMELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA |
Nama: ANDIKA SU'NANG |
Tahun: 2022 |
Abstrak Andika Su’nang, 2022. “Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa SMA Negeri 1 Dampal Selatan Melalui Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi pada Materi Larutan Penyangga”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ijirana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022 di SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experimen dengan desain penelitian equaivalent time series design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas replikasi 1 (XI MIPA 1) dan kelas replikasi 2 (XI MIPA 4) masing-masing berjumlah 32 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian kemampuan berpikir tingat tinggi. Hasil penilaian rata-rata kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIIPA 4 diperoleh hasil penilaian 1 sebesar 45,56 dan 42,65, penilaian 2 sebesar 68,56 dan 67,87, penilaian 3 sebesar 75,37 dan 72,5, penilaian 4 sebesar 83,59 dan 82,75. Data ini menunjukkan terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi untuk melatih kemampuan berpikit tingkat tinggi siswa pada materi larutan penyangga. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Materi Larutan Penyangga, Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi |