JudulANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA BERBASIS STUDI KASUS |
Nama: ZULHAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Zulhan, 2022. “Analisis Kemampuan Bertanya dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Asam Basa Berbasis Studi Kasus” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ta dulako, Palu, Pembimbing (1) Tri Santoso (2) Magfirah. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan bertanya dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran asam basa berbasis studi kasus dan mengetahui hubungan kemampuan bertanya dan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Dampal Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 - Juli 2022. Metode penelitian yang digunakan One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 66 siswa. Sampel penelitian ini sejumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data mengunakan instrumen soal tes kemampuan bertanya dan berpikir kritis siswa yang valid. Hasil penelitian pada kemampuan bertanya berada pada kategori sedang dengan persentase 57,5%, dan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 46,67%. Berdasarkan uji korelasi dapat diketahui bahwa ada korelasi atau hubungan diantara variabel kemampuan bertanya terhadap hasil belajar sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar tidak memiliki hubungaan kolerasi. Kata Kunci: Asam basa, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan bertany |