JudulPenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Di Madrasah Aliyah Negeri Banggai Laut |
Nama: ASMITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia kelas XI IPA MAN Banggai Laut dan mendeskripsikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia kelas XI IPA MAN Banggai Laut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Banggai Laut yang berjumlah 16 orang terdiri dari 6 orang siswa laki- laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil pengolahan dan analisis data terhadap penerapan model discovery learning pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia diperoleh aktivitas guru dengan rata-rata 82,38?n aktivitas siswa dengan rata-rata 80,19%, termasuk dalam kategori baik. Nilai hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik) dengan rata-rata 74. dan efektifitas pembelajaran sebesar 75% (KKM 70). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi Kesetimbangan Kimia di MAN Banggai Laut. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Kesetimbangan Kimia. This study aims to determine whether there is an effect of the discovery learning model to student learning outcomes on the chemical equilibrium subject of class XI IPA MAN Banggai Laut and describe the discovery learning model on student learning outcomes on the chemical equilibrium subject of class XI IPA MAN Banggai Laut. This research is descriptive type. The sample in this study consisted of students of class XI IPA MAN Banggai Laut, which amounted to 16 students, 6 male students, and 10 female students. The instruments used in this research are lesson plans, students' worksheets, teacher and student activity observation sheets, and student learning outcomes tests. Data collection techniques were carried out through teacher and student activity observation sheets and learning outcomes tests. The data that has been collected is analyzed using descriptive analysis. The results of data processing and analysis on the application of the discovery learning model on chemical equilibrium subjects obtained teacher activity with an average of 82.38% and student activity with an average of 80.19%, including in the good category. The value of student learning outcomes (cognitive, affective, and psychomotor aspects) has an average of 74, and a learning effectiveness of 75% (minimum achievement criteria: 70). Based on the results of the study, it can be concluded that learning by using the discovery learning model can improve the learning outcomes of students in class XI IPA on Chemical Equilibrium material at MAN Banggai Laut. Keywords: Discovery Learning Model, Learning Outcomes, and Chemical Equilibrium. |