JudulPROBLEMATIKA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 SINDUE |
Nama: DEWI RAHMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisis problematika guru dan siswa SMAN 1 Sindue pada pembelajaran kimia ditengah pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 2 guru kimia dan 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada siswa dengan indikator sikap belajar 21,80 ?n indikator kurangnya fasilitas yang menunjang 59 ?n minat belajar siswa 48 % persentase yang didapatkan dari ke 3 indikator yaitu 32,53 ?ngan kategori kurang setuju dan penelitian yang diperoleh dari guru pada indikator respon peserta didik 45% , keterbatasan pembelajaran, 17,50% kemampuan terhadap teknologi 7?n pengelolaan pelaksanan pembelajaran yaitu 8 % persentase yang didapatkan dari ke 4 indikator pada guru yaitu 35,5 ?ngan kategori kurang setuju. Adapun problematika yang dialami guru dan siswa adalah (1) kurangnya fasilitas yang dimiliki sebagian siswa. (2) kesulitan dalam mengakses jaringa internet. (3) keterbatasan kuotayang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran. (4) kesulitan siswa dan guru dalam penggunaan aplikasi pembelajaran. (5) tugas daring lebih banyak. (6) ketidak siapan guru dan siswa dalam pembelajaran daring. (7) kesulitan dalam memahami dan menerapkan pelajaran kimia. |