Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TOLITOLI PADA MATERI KOLOID
Nama: NURUL ZAKINAH
Tahun: 2023
Abstrak
Nurul Zakinah, 2022. “Penerapan Blended Learning Tipe Flipped Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tolitoli Pada Materi Koloid”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Hj. Ijirana, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan blended learning tipe flipped pada materi koloid di kelas XI SMA Negeri 3 Tolitoli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA Tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan instrument tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blended learning tipe flipped untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada masing-masing indikator berpikir kritis yaitu membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan sederhana, memberikan penjelasan lanjut, menyimpulkan serta strategi dan taktik berada pada kategori sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran peningkatan berpikir kritis siswa berada pada kategori sedang. Kata Kunci: Blended Learning, Flipped, Berpikir Kritis, Koloid.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up