JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: ANISA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Anisa, 2024 “Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Palu”. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Kasmudin Mustapa, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan khusus (purposive sampling) dengan sampel penelitian kelas XI 10 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Augmented reality dan kelas XI 8 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan media pembelajaran power point. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran Augmented reality terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada data postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan yang berbeda terdapat perubahan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol akibat adanya perlakuan, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85,78 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,44. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar. |