JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TERMOKIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI SMA NEGERI 3 TOLITOLI |
Nama: NUR'AMALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk Menganalisis kemampuan berpikir kritis pada materi termokimia dengan model problem based learning siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tolitoli. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental atau pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Tolitoli yang terdiri dari lima kelas yaitu dua kelas XI IIS berjumlah 72 siswa dan tiga kelas XI MIA berjumlah 91 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA sebanyak 91 siswa. Penentuan sampel dan penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling. Hasil tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator berpikir kritis, interpretasi, analisis dan evaluasi pada materi termokimia pada kelas XI MIA 1 pada kategori rendah sebesar 25,67%. Kelas XI MIA 2 pada kategori sangat rendah sebesar 20,26%. Dan pada kelas XI MIA 3 pada kategori rendah sebesar 24,26%. Berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Interpretasi pada kategori sedang dengan persentase 47,95%. Pada indikator Analisis berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 87,46%. Sedangkan pada indikator Evaluasi berada pada kategori tinggi dengan persentase 75,22%. Berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 3 Tolitoli berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,21% yang di proleh dari hasil rata-rata tiap indikator berpikir kritis. Hal ini sejalan dengan capaian siswa berbeda-beda disetiap kemampuan berpikir kritis. |