JudulPENGARUH PENDEKATAN STEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI ASAM BASA DI SMAN 5 PALU |
Nama: LELY KURNIATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Lely Kurniati, 2022. “Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Asam Basa di SMAN 5 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas tadulako, Palu. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pendekatan STEM terhadap motivasi dan hasil belajar materi Asam Basa di SMAN 5 Palu Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas Eksperimen dan Kelas XI IPA 3 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol di SMAN 5 Palu. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar, angket motivasi. Analisis data angket motivasi belajar siswa persentase yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 80,29% sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 55,55%. dimana selisihnya sebesar 28,38%. Hasil belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 25,0, dimana diperoleh nilai signifikansi dari analisis uji t adalah 0,001 < 0,005 sehingga dapat diketahui bahwa H0 ditolak atau Ha diterima.Berdasarkan hasil yang di peroleh terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap motivasi dan hasil belajar materi Asam Basa di SMAN 5 Palu. Kata Kunci : Pendekatan STEM, Asam Basa, Motivasi belajar siswa |