JudulPENGARUH GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SARUDU |
Nama: AINUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak AINUN, 2022. “Pengaruh Google Classroom Pada Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Sarudu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh google classroom pada pembelajaran kimia dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Sarudu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMAN 1 Sarudu yang berjumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan khusus (purposive sampling) dengan sampel penelitian XI MIA 1 berjumlah 31 siswa sebagi kelas eksperimen dengan model pembelajaran yang menggunakan google classroom, dan XI MIA 2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh google classroom pada pembelajaran kimia dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Sarudu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh google classroom pada pembelajaran kimia dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Sarudu. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dimana nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan google classroom pada pembelajaran kimia dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Sarudu. Kata Kunci : Google Classroom, Hasil Belajar, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Kimia. |