| JudulMetode Pembelajaran Studi Kasus Untuk Perubahan Konseptual Pada Materi Termokimia |
| Nama: HANDRIANI H. KITANO |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan konseptual siswa pada materi termokimia setelah mengikuti metode pembelajaran studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Liang, Kabupaten Banggai Kepulauan, pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda beralasan yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI) untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman dan perubahan konseptual siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya metode studi kasus. Analisis level perubahan konseptual menunjukkan bahwa 60,5 ?ri total jawaban siswa mengalami perubahan konseptual ke arah yang positif (Construction, Reconstruction, dan Complementation). Dengan demikian, metode pembelajaran studi kasus terbukti efektif dalam membantu siswa membangun dan memperbaiki pemahaman konseptual pada materi termokimia. |