Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Kimia Di SMA Negeri 8 Palu
Nama: TRI WANA
Tahun: 2025
Abstrak
Tri Wana, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Kimia Di SMA Negeri 8 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kimia di SMA Negeri 8 Palu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah teknik sampling jenuh yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar dengan menggunakan soal pilihan ganda yang tervalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model TGT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Kimia, Pembelajaran Kooperatif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up