JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA KONSEP ASAM BASA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: NI NYOMAN NIAN SARI DEWI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ni Nyoman Nian Sari Dewi, 2024. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah pada konsep asam basa ditinjau dari perbedaan gender SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Pembimbing: Ratman Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPA SMAN 3 Palu dalam memecahkan masalah konsep asam basa ditinjau dari perbedaan gender. penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 3 Palu berjumlah 100 orang diantaranya 35 siswa laki-laki dan 65 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa siswa laki-laki dan perempuan memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang berbeda. Siswa perempuan mampu membuat penjelasan sederhana dan mampu menentukan tindakan dalam menyusun strategi dan taktik dalam menyelesaikan masalah kemampuan berpikir kritis, sedangkan siswa laki-laki hanya mampu menyimpulkan soal tes kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: berpikir kritis, konsep asam basa, gender, pemecahan masalah |