Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDESAIN DAN VALIDASI MODUL PEMBELAJARAN TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI SMA BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM)
Nama: HENDI GUNAWAN
Tahun: 2024
Abstrak
Hendi Gunawan, 2023. ”Desain dan Validasi Modul Pembelajaran Termokimia Untuk Kelas XI SMA Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering and Matchematics (STEM)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing, Afadil. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia SMA materi Termokimia berbasis pendekatan STEM yang valid. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dari perancangan modul hingga pada validasi oleh ahli. Penelitian ini terdiri 4 tahapan yaitu, studi pendahuluan, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Objek dalam penelitian ini adalah modul materi Termokimia. Instrument yang digunakan berupa lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan validasi modul oleh ahli materi diperoleh nilai sebesar 0,65 dengan kategori validitas tinggi dengan justifikasi validitas valid, validasi oleh ahli media diperoleh nilai sebesar 0,78 dengan kategori validitas tinggi dengan justifikasi valid, dan validitas oleh ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 0,85 dengan kategori sangat tinggi dengan justifikasi validitas valid. Berdasarkan nilai validasi yang diberikan oleh para ahli maka modul pembelajaran kimia SMA materi Termokimia berbasis pendekatan STEM dinyatakan valid. Kata kunci: Modul pembelajaran kimia, Termokimia, STEM.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up