Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMK NEGERI 1 LABUAN DIMASA PANDEMI COVID-19
Nama: MOH ILHAM
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Moh Ilham, 2024. “Efektivitas Pembelajaran Online dan Hasil Belajar Kimia di SMK Negeri 1 Labuan di masa pandemi covid-19”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Kasmudin Mustapa. Pembelajaran online merupakan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang peserta didik dan guru berada dilokasi yang berbeda sehingga memerlukan system komunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang dibutuhkan didalamnya. Pembelajaran ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tergantung pada keseterdian alat pendukung yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pembelajaran online dan hasil belajar kimia SMK Negeri 1 Labuan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 labuan dengan Metode yang digunakan adalah kualitatif eksploratif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data instrumen menunjukan hasil belajar siswa yang diperoleh sebelum pandemi kelas X (Sepuluh) dengan nilai rata-rata 80.29 (pengetahuan) serta 79,34 (keterampilan) semeseter I dan 79,92 (pengetahuan) 79,32 (keterampilan) semester II. Sedangkan pada masa pandemi covid-19 diperoleh nilai rata-rata 77,4 (pengetahuan) serta 76.18 (keterampilan) semester I dan 78.02 (pengetahuan) dan 77.52 (keterampilan) semester II. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran online dimasa pandemi covid-19 ini sudah berjalan efektif. Berdasarkan hasil wawancara kepala sekolah, guru dan siswa dapat disimpulakan pembelajaran online masih tetap efektif dilaksanakan tetapi banyak kendala saat proses pembelajaran online dialami siswa seperti jaringan tidak stabil, kuota jaringan tidak ada dan ada beberapa siswa bahkan tidak memiliki handphone, sehingga siswa yang tidak memiliki handphone atau kuota internet boleh bergabung dengan teman terdekat yang mempumyai handphoone dan kouta internet sehingga proses belajar tetap berjalan dan efektif. Sementara mengenai pembelajran online yang digunakan sudah sangat membantu mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Online, Covid-19, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up