JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIDOAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: HARDIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Hardianti,2020.”Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Masa Pandemi Covid Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan Kabupaten Parigi Moutong” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing. Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan Kab. Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (Three-tier). Hasil penelitian menunjukan tingkat paham konsep siswa diperoleh sebanyak 32%. Tidak Paham Konsep diperoleh sebanyak 28%. Miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan diperoleh sebanyak 40%. Kategori miskonsepsi tertinggi terdapat sub konsep Sistem dan Lingkungan sebesar 12,5%. Presentase miskonsepsi berdasarkan item soal,tingkat miskonsepsi tertinggi terdapat pada item soal nomor 28 dengan presentase 67,5%. Sedangkan yang terendah terdapat pada item soal nomor 1,27, dan 14 dengan persentase terendah sebesar 12,5%. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi mengenai tingkat miskonsepsi siswa. Kata Kunci :Miskonsepsi,Three tier,Termokimia,Covid. |