JudulANALISIS JENJANG METAKOGNISI BERDASARKAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH TERMOKIMIA |
Nama: HARIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Siswa laki-laki dan perempuan pada umumnya memiliki perbedaan dalam cara berpikir. Meskipun sangat signifikan antara cara berpikir siswa laki-laki dan perempuan, perbedaan ini dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan jenjang metakognisinya. Penelitian ini bertujuan Menganalisis jenjang metakognisi siswa dan mendeskripsikan hubungan jenjang metakognisi dan Jenis kelamin siswa SMA Negeri 1 Dampal selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan survey, Desain yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan tahun ajaran 2020/2021. Tehnik penarikan sampel diambil dari memberikan soal pemecahan masalah termokimia kepada siswa, mengevaluasi hasil pemecahan masalah siswa kemudian dikelompokkan berdasarkan jenjang metakognisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk soal pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian Jenjang metakognisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dampal Selatan pada umumnya adalah strategic use, dengan jumlah sebanyak 50 siswa dari 90 orang siswa dan hubungan jenjang metakognisi dan jenis kelamin adalah siswa perempuan menempati jenjang metakognisi ditingkat yang lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. |