Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRELEVANSI DAN KONSISTENSI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI LITHIUM UNTUK SISWA SMA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Nama: DEWI MASYITHA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Dewi Masyitha, 2021. Relevansi Dan Konsistensi Desain Media Pembelajaran Aplikasi Lithium Untuk Siswa SMA Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Afadil. Kondisi pandemi Covid-19 menuntut pengajar dan peserta didik melakukan inovasi mulai dari persiapan, proses, dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menentukan relevansi dan konsistensi media pembelajaran aplikasi Lithium untuk siswa SMA pada materi Kesetimbangan Kimia dalam bentuk e-modul sebagai solusi mereduksi miskonsepsi. Jenis penelitian merupakan bagian dari Research and Development (R&D) yang diawali dari perancangan produk hingga penentuan relevansi dan konsistensi secara teori oleh ahli. Produk yang dihasilkan pertama: e-modul pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia, kedua: data kelayakan media pembelajaran aplikasi Lithium. Instrumen yang digunakan berupa angket kelayakan media pembelajaran, kesesuaian materi, dan aplikasi Lithium. Hasil data kelayakan media pembelajaran dari validator ahli media dan ahli materi secara berturut-turut diperoleh nilai relevansi dan konsistensi sebesar 3,15 (valid); 3,00 (valid); dan 3,65 (sangat valid). Artinya, aplikasi Lithium ini relvan dan konsisten untuk digunakan sebagai media pembelajaran on-line dengan memanfaatkan Android sebagai solusi mereduksi miskonsepsi siswa SMA pada materi Kesetimbangan Kimia. Kata kunci: Aplikasi lithium, Media pembelajaran, Kesetimbangan Kimia.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up