Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA KOTA PALU
Nama: HANIFA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK HANIFA 2022, “ Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia SMA Kota Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Kota Palu, Pembimbing: Tri Santoso Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan gambaran literasi informasi pada kemampuan bertanya dan pemahaman kimia pada fenomena alam terhadap hasil belajar kimia di SMA Labschool Untad Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus-Oktober 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Tehnik pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan purposive random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 67 orang, tehnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling dan digunakan 10 orang perwakilan di setiap kelas dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian literasi informasi siswa dalam kemampuan bertanya berada pada kategori sedang ada 21 siswa dengan parsentase 70.00%. Selanjutnya untuk literasi informasi dalam pemahaman kimia berada pada kategori sedang ada 20 siswa dengan parsentase 66,67%. Berdasarkan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kepercayaan digunakan 0,05 maka dapat dikatakan bahwa ada korelasi atau hubungan diantara variabel literasi informasi untuk kemampuan bertanya terhadap hasil belajar yaitu 0,042. Sedangkan untuk pemahaman kimia terhadap hasil belajar yaitu 0,153 tidak memiliki hubungaan kolerasi yang diteliti. Kata Kunci: Literasi Informasi, Pembelajaran Kimia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up