JudulAnalisis Hubungan Kemandirian Belajar Dan Sikap Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 6 Palu |
Nama: NUR ALIFTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nuralifta 2021, “Analisis hubungan kemandirian belajar dan sikap kreatif siswa terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 6 Palu” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Tri Santoso. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran kemandirian belajar, sikap kreatif siswa serta hubungan kemandirian belajar dan sikap kreatif siswa terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dengan jumlah siswa 90 orang, sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Palu tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket kemandirian belajar dan angket sikap kreatif yang disusun menggunakan skala likert, serta menggunakan nilai hasil belajar MID semester 2 mata pelajaran kimia kelas X IPA 2 tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 presentase gambaran kemandirian belajar dan sikap kreatif siswa yaitu tinggi 20%, sedang 66,67?n rendah 13,33%. Hasil perhitungan koefisien korelasi antara kemandirian belajar tehadap hasil belajar siswa yaitu diperoleh tidak terdapat korelasi. Hubungan antara sikap kreatif terhadap hasil belajar siswa diperoleh terdapat korelasi yaitu sedang (rhitung) 0,457. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap kreatif siswa memberikan dukungan keberhasilan belajar lebih positif dari pada kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi mengenai hubungan kemandirian belajar dan sikap kreatif siswa terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Sikap Kreatif Siswa |