JudulIdentifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Palu Pada Pokok Bahasan Termokimia Selama Pandemi Covid-19. |
Nama: RIZZA ROCHMA TRI AGUSTINA |
Tahun: 2023 |
Abstrak RIZZA ROCHMA TRI AGUSTINA 2023, “Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Palu Pada Pokok Bahasan Termokimia Selama Pandemi Covid-19”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Kota Palu, Pembimbing: Afadil Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami siswa pada pokok bahasan termokimia selama pandemi covid-19 di SMA Negeri 8 Palu tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Palu yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 61 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh yaitu semua anggota populasi adalah sampel. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kesulitan siswa dalam menjawab soal termokimia adalah cukup tinggi dengan persentase 60%. Kesulitan siswa paling tinggi terdapat pada soal menghitung kalor jenis suatu senyawa, menghitung perubahan entalpi dan merumuskan langkah dan hipotesis suatu percobaan. Kesulitan tersebut ditunjukkan dengan tingkat pemahaman siswa dengan kategori rendah sebesar 54%, sedang sebesar 43?n tinggi hanya 3%. Selanjutnya kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran kimia selama pandemi covid-19 yaitu kesulitan teknis, kesulitan pelaksanaan pembelajaran dan kesulitan eksternal (lingkungan dan orangtua) berturut-turut dengan rata-rata persentase 65,92%, 45,44?n 52,92%. Berdasarkan hasil tersebut, persentase kesulitan belajar yang paling tinggi dialami siswa selama pembelajaran kimia pokok bahasan termokimia selama pandemi covid-19 diantaranya tidak memiliki buku pegangan siswa untuk belajar di rumah 78,27%, siswa sulit memahami konsep kimia karena penjelasan guru yang sulit dipahami 75, 81%, sering terkendala sinyal dan kuota untuk mengakses materi di internet 72,13% , siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran kimia selama pandemi tidak menarik 70,90%, dan siswa tidak mampu membeli buku kimia dan kuota 64,95% serta siswa sering malas mengerjakan tugas karena tidak ada yang membantu mengerjakan 52,45%.. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Termokimia. |