JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN DI KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: FAJRUL |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif-kuantitaif yang bertujuan untuk mendeksrirpsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan di Kabupaten Tolitoli pada materi sistem periodik unsur. subjek penelitian ini terdiri dari 34 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai berupa soal uraian kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem periodik unsur sebanyak 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa persentase indikator kelancaran 54,11?n indikator elaborasi 55,29?rada pada kategori rendah, persentase indkator keluwesan 71,76?rada pada kategori sedang, sedangkan persentase indikator kebaruan 75,88?rada pada kategori tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kelas X MIPA berada pada kategori sedang, siswa perlu dibiasakan untuk mengerjakan soal-soal yang dapat menuntut untuk berpikir kreatif pada saat pembelajaran, sehingga siswa terlatih dalam berpikir kreatif dan menghubungkan teori dengan kehidupan nyata. |