Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 3 POSO DI KABUPATEN POSO
Nama: TRI ULANDARI
Tahun: 2022
Abstrak
Abstrak Tri Ulandari, 2020. “Identifikasi miskonsepsi siswa pada masa pandemi Covid- 19 menggunakan tes diagnostik three tier pada materi larutan penyangga kelas XI SMA Negeri 3 Poso di kabupaten Poso”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Minarni Rama Jura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Poso menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif pada materi larutan penyangga di masa pandemi covid-19. Subjek penenlitian ini terdiri dari 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (Three-tier) dengan jumlah soal sebanyak 10 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa presentase paham konsep sebanyak 23,33 %, miskonsepsi siswa sebanyak 42,78 %, dan tidak paham konsep sebanyak 33,89 %. Berdasarkan hasil presentase tersebut siswa yang mengalami miskonsepsi (False Positif) sebanyak 11,39 %, miskonsepsi (False Negatif) sebanyak 11,11 %, miskonsepsi sebanyak 20,28 %. Miskonsepsi masih terjadi di tiap indicator pada materi larutan penyangga, di mana miskonsepsi tertinggi terdapat pada butir soal nomor 8 dengan indicator penentuan karakteristik larutan penyangga dalam keadaan asam atau basa dengan presentase sebesar 50 %, butir soal nomor 9 dan 10 dengan indicator penjelasan cara pembuatan larutan penyangga dengan presentase masing-masing yaitu 47,22 %. Kurangnya pemahaman siswa pada materi larutan penyangga merupakan factor utama penyebab terjadinya miskonsepsi, ditambah dengan situasi pandemi yang mengharuskan siswa untuk lebih banyak belajar mandiri menyebabkan terbatasnya komunikasi antara guru dan siswa. Dengan demikian, hasil dalam kategori miskonsepsi siswa SMA Negeri 3 Poso berada pada kategori sedang. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi serta menjadi motivasi dan acuan bagi pengajar dan pelajar untuk dapat memahami materi kimia lebih baik lagi sehingga meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada siswa. Kata kunci : Miskonsepsi, Three-tier, Larutan penyangga, Covid-19.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up