JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP MOL DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER |
Nama: SRI HELPINA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Sri Helpina, 2021. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah konsep mol ditinjau dari perbedaan gender. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Pembimbig H. Suherman Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Palu dalam memecahkan masalah konsep mol ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 5 palu sejumlah 70 orang diantaranya 35 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara daring karena pandemi covid-19. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang berbeda. Siswa perempuan mampu memberikan kesimpulan dengan baik dan mampu menentukan tindakan dalam menyusun stategi dan taktik dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kritis, sedangkan siswa laki-laki hanya mampu membuat penjelasan lanjut dengan mengidentifikasi asumsi yang terdapat pada soal tes kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Pemecahan masalah, Berpikir Kritis, gender, konsep mol. |