JudulDESAIN DAN VALIDASI MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA BERBASIS PENDEKATAN STEAM |
Nama: FEBRYANI BANGGUR |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Febryani Banggur, 2023. “Desain dan Validasi Modul Pembelajaran Kimia SMA Materi Larutan Asam dan Basa Berbasis Pendekatan STEAM”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing, Afadil. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Kimia SMA pada Larutan Asam dan Basa berbasis pendekatan STEAM yang valid. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dari perancangan modul hingga pada validasi oleh ahli. Penelitian ini terdiri empat tahapan yaitu studi pendahuluan, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validitas yang diberikan kepada tiga validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi modul oleh ahli bahasa, ahli materi dan ahli media berturut-turut adalah 0,77, 0,80 dan 0,94 dengan kriteria validitas tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan nilai validasi yang diberikan oleh para ahli, modul pembelajaran Kimia SMA pada Larutan Asam Basa Berbasis Pendekatan STEAM dinyatakan valid. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Larutan Asam dan Basa, Scieince, Technology, Engineering, Art, and Mathematic. STEAM. |