JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON |
Nama: ANGGRIANI UDUL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ANGGRIANI UDUL 2021, “ Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon” Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas, Palu. Pembimbing Ijirana. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas X pada mata pelajaran Kimia SMKN 1 Poso Pesisir khususnya pada materi hidrokarbon, penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei-juli 2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa dari ketiga jurusan yaitu, multimedia, pemesinan dan listrik. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari siswa dengan memberikan soal esai yang tervaliditasi. Data yang diperoleh selanjutnya dihitung, dikelompokan berdasarkan kategori, dideskripsikan dan dianalisis dalam bentuk grafik batang. Temuan penelitian ini menunjukkan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada jurusan multimedia, pemesinan dan jurusan listrik masing-masing 48,48%, 40,00?n 47,83?rada pada kategori rendah. Artinya siswa SMK kelas X dari ketiga jurusan belum mampu berpikir kreatif dikarenakan kriteria berpikir kreatif yang baik apabila persentase siswa tidak kurang dari 61%. Kata kunci :Berpikir Kreatif, Hidrokarbon, Analisis. |