JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN KAB. TOLI-TOLI |
Nama: NURAFNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak NURAFNI 2021, "Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three-tier pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kab. Toli-toli" Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persen miskonsepsi yang terjadi pada siswa pada materi koloid kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kab. Toli-toli berdasarkan hasil tes diagnostik Three-tier sub konsep yang mengalami miskonsepsi paling tinggi dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (Three-tier). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan adanya miskonsepsi siswa pada materi koloid di kelas XI MIPA 2 yaitu 65,51%. Penyebab miskonsepsi siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kab. Toli-toli yaitu berasal dari siswa, guru, model pembelajaran dan buku. Kata Kunci : miskonsepsi, three-tier, koloid |