JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 MENUI KEPULAUAN KAB. MOROWALI |
Nama: AYU ASRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak AYU ASRIANI 2021, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Menui Kepulauan Kab. Morowali” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Vanny MA Tiwow. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Menui Kepulauan Kab. Morowali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay dan wawancara yang telah di validasi. Tes yang digunakan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Berdasarkan hasil analisis data di peroleh hasil yaitu kemampuan berpikir kritis tinggi 7,40%, sedang 33,33%, dan rendah 59,25%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Menui Kepulauan Kab. Morowali dalam memahami materi pembelajaran kimia khususnya ikatan kimia masih tergolong kategori rendah yaitu 59,25%. Penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yaitu berasal dari siswa, guru, dan model pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Bepikir Kritis, Ikatan Kimia |