JudulANALISIS INDIKATOR HAMBATAN YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESUKARAN MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X SMA AL-KHAIRAAT KALUKUBULA |
Nama: SASKIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Saskia, 2020. Analisis Indikator Hambatan Yang Mempengaruhi Tingkat Kesukaran Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Pada Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Al-Khairaat Kalukubula. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Dr. H. Suherman. M.S. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesukaran materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit pada pembelajaran Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proporsionate stratified random sampling dengan sampel berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket tingkat kesukaran materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Hasil penelitian menunjukan Analisis hambatan pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit menunjukan tingkat kesukaran untuk indikator hambatan sarana dan prasarana sebesar 61.90%, keadaan laboratorium kimia sebesar 52.38%, pemahaman siswa terhadap materi sebesar 52.39%, sedangkan kesiapan guru mengajar 47.61%, kemudian perhatian siswa terhadap pelajaran 38.09%, dan metode mengajar 47.61%. nilai persentase ini menunjukkan bahwa materi Larutan Elektrolit dan non Elektrolit memiliki tingkat kesukaran yang tinggi untuk siswa kelas X SMA Al-Khairaat Kalukubula. |