JudulANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATERI KIMIA LAJU REAKSI SISWA SMA DAN MA DI KECAMATAN AMPIBABO |
Nama: MOH AKRAM |
Tahun: 2022 |
Abstrak Analisis Keterampilan Bertanya Pada Materi Kimia Laju Reaksi Siswa SMA dan MA di Kecamatan Ampibabo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing, Tri Susanto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan bertanya pada materi kimia laju reaksi siswa SMA dan MA di Kecamatan Ampibabo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menganalisis keterampilan bertanya siswa pada materi kimia laju reaksi melalui audio visual materi yang ditampilkan di depan kelas. Populasi dan sampel pada penelitian ini ialah siswa dengan status aktif dan terdaftar serta hadir di sekolah. Sebanyak 115 siswa yang menjadi sampel di SMA Negeri 1 Ampibabo dan 29 siswa yang menjadi sampel di MA Alkhairaat Ampibabo. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber datanya dan sumber data diperoleh dari pertanyaan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa video praktikum/demonstrasi yang diunduh dari Youtube. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung dan tahap pelaksanaannya dilakukan dengan memutarkan video penjelasan materi kimia laju reaksi di depan kelas. Hasil dari penelitian ini ditemukan presentase tertinggi dan presentase terendah dari tingkat pemikiran kimia di SMA Negeri 1 Ampibabo dan MA Alkhairaat Ampibabo. Kata Kunci: Keterampilan Bertanya, Laju Reaksi, Tingkat Pemikiran Kimia. |