Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARI BARANG BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 AMPIBABO
Nama: JIHAN
Tahun: 2020
Abstrak
Jihan, 2020. Pengaruh Penggunaan Barang Bekas Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Laju Reaksi di SMA N 1 Ampibabo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Kasmudin Mustapa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan pengaruh penggunaan media pembelajaran dari barang bekas terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ampibabo pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimen dengan pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA A sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan siswa kelas XI IPA C sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai tes hasil belajar siswa, pretest dan pottest dari kedua kelas yaitu rata-rata nilai pretest untuk kelas eksperimen sebesar 18,43 dan kelas kontrol sebesar 17,18 sedangkan nilai rata-rata postest yang diperoleh dari kelas eksperimen sebesar 71,74 dan kelas kontrol sebesar 52,35. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dari barang bekas terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ampibabo pada materi laju reaksi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data statistik uji t dua pihak diperoleh -1,67 17,82 +1,67 pada taraf signifikan = 0,05, sehingga hipotesis dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Kata Kunci: Media Pembelajaran Barang Bekas, Hasil Belajar, Laju Reaksi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up