Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN HYPERDOCS PADA MODEL PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI MAN 1 KOTA PALU
Nama: HASMAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Hasmawati 2022. “Pemanfaatan Hyperdocs Pada Model Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Kelas XI MAN 1 Kota Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Daud Karel Walanda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran online dengan memanfaatkan LKPD berbasis hyperdocs pada materi larutan penyangga di kelas XI MAN 1 Kota Palu. Rancanga penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan pretest and posttest Group Design. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 (n=23) sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 (n=22) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh dari kedua kelas yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 81,14 dan kelas kontrol 77,05. Hasil belajar dianalisis dengan pengujian effect size untuk kelas eksperimen yaitu 0,72 (Kategori Besar) dan kelas kontrol 0,5 (Kategori Sedang). hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran online dengan memanfaatkan LKPD berbasis hyperdocs pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Palu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Online, Hyperdocs, Materi Larutan Penyangga, Dan Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up