Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN
Nama: AHMAD RAIFAH
Tahun: 2023
Abstrak
Ahmad Raifah, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Merupakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan Tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 08 Desember – 20 Desember 2022. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 140 orang, sampel pada kelas X MIPA 1 berjumlah 28 Orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada siklus I dan II masing-masing 72.14 dan 82.14 dengan persentasi ketuntasan 78.57?n 82.29%. berdasarkan informasi hasil penelitian maka Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Dampal Selatan, selain itu observasi pada siklus II diperoleh informasi keaktifan siswa dalam bertanya lebih baik dari siklus I, Perhatian siswa pada pembelajaran menunjukkan peningkatan ditunjukkan dengan suasana iklim pembelajaran terutama perhatian siswa pada penguasaan materi pembelajaran pada siklus II menjadi lebih terpusat, dan siswa memberikan jawaban secara tepat dan sesuai dengan pokok materi ikatan kimia, aktifitas belajar siswa tergolong baik, suasana kelas tidak pasif, siswa mampu berpendapat dan mampu berinteraksi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kooperatif, Talking, Stick, Hasil, Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up