JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PALU PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA |
Nama: FAOZANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Faozani, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Supriadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hukum – hukum dasar kimia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-experimental. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 31 siswa dan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 34 siswa . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Inkuiri Terbimbing, diperoleh peningkatan untuk kelas eksperimen 1 sebesar 32?n kelas eksperimen 2 sebesar 35%. Uji N-gain pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,56 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,60, sehingga dapat di simpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia pada materi hukum-hukum dasar kimia. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, dan Hukum-Hukum Dasar Kimia. |