Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektronit Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Palu
Nama: ASNA AFIDATUL ISMA
Tahun: 2020
Abstrak
Asna Afidatul Isma. 2020. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMAN 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Sri Mulyani Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X setelah penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas replikasi 1 dan kelas X MIA 2 sebagai kelas replikasi 2. Data analisis berpikir kritis siswa diambil menggunakan enam nomor esai tes keterampilan berpikir kritis yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas replikasi 1 mengalami peningkatan sebesar 52,63?n 47,37%. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas replikasi 2 mengalami peningkatan sebesar 52,17?n 47,83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 9 Palu. Kata Kunci: Discovery learning, keterampilan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up