Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 7 PALU
Nama: ANDI MANDRANG PAWESIANG
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Andi Mandrang Pawesiang, 2020. Penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Minarni Rama Jura. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi hukum - hukum dasar kimia di SMA Negeri 7 Palu. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas replikasi 1 dan X IPA 3 sebagai kelas replikasi 2. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa sebagai hasil perlakuan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Hal yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah model dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari data rata-rata pre-test (27,30%) dan rata-rata post-tes (72,90%), aktivitas belajar siswa dengan rata-rata (85%) dan efektivitas pembelajaran dengan rata-rata (77%). Hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain yang digunakan untuk menentukan peningkatan dengan rata-rata 0,63% kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi Hukum-Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 7 Palu. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Hukum-Hukum Dasar Kimia.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up