JudulANALISIS KESALAHAN SISWA TERKAIT MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: ALDIANSA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Aldiansa, 2020. Analisis Kesalahan Siswa Terkait Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Di SMA Negeri 7 Palu. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Sri Mulyani Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa terkait materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif; dengan desain penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 30 orang dan XI IPA 3 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yaitu Newman tes dan wawancara. Adapun hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yaitu: (1) sebanyak 48,33?n 47,22% siswa melakukan kesalahan membaca (reading), (2) sebanyak 46,67?n 42,78% siswa melakukan kesalahan memahami (comprehension), (3) sebanyak 14,44?n 22,78% siswa melakukan kesalahan transformasi (transformation), (4) sebanyak 5,56?n 7,78% siswa melakukan kesalahan keterampilan proses (process skills), (5) sebanyak 11,11?n 4,44% siswa melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding), (6) sebanyak 2,22?n 3,33% siswa melakukan kesalahan kecerobahan/kurang cermat (corells error), dan (7) sebanyak 45?n 45,56% siswa tidak menjawab soal. Kata Kunci: Jenis Kesalahan, Teori Newman, dan Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. |