JudulPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Dan Tabel Periodik Unsur Di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu |
Nama: RISKA AMANDA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 26,69 dan 27 sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 69,68 dan 75,67. Berdasarkan perhitungan uji N-Gain diperoleh rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen 1 sebesar 0,59 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,66 masing-masing dalam kategori sedang. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur atom dan tabel periodik unsur di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu. Kata Kunci: Problem based learning, hasil belajar, struktur atom dan tabel periodik unsur. |