JudulAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Hidrokarbon Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Palu |
Nama: GITA GAYATRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampaun pemecahan masalah siswa kelas XI di SMA N 3 Palu. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah di lihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan tahapan yang diadaptasi dari tahapan-tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan melihat kembali. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa dari 226 siswa kelas XI MIA SMAN 3 Palu. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari siswa dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian bebas yang tervaliditasi. Data yang diperoleh selanjutnya dihitung, dikelompokan berdasarkan kategori dan dideskripsikan dalam bentuk grafik batang. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas XI di SMAN 3 Palu hanya mampu dalam tahapan merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian yang merupakan masalah pengelolaan rencana dan pelaksanakaan rencana penyelesaian. Kemampuan rata-rata pemecahan masalah pada tahapan merencanakan penyelesaian sebesar 63,5%, sedangkan kemampuan pemecahan masalah pada tahapan melaksanakan rencana sebesar 87,17%. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahapan merencanakan dan melaksanakan rencana penyelesaian berada pada kategori sedang-tinggi, tetapi belum mampu sepenuhnya memahami dan melihat kembali (mengevaluasi) hasil berdasarkan pemahaman konsep. Oleh karena itu, siswa perlu dilatih memecahkan masalah dalam pembelajaran dengan menerapkan tahapan-tahapan pemecahan masalah agar siswa menjadi pemecah masalah yang baik. Kata kunci : Pemecahan Masalah, Masalah, Tahapan Polya |