JudulANALISIS JENJANG METAKOGNISI SISWA KELAS XI MAN 1 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN |
Nama: RAHMATULLISNA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rahmatullisna, .2021. “Analisis Jenjang Metakognisi Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Palu Dalam Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Tingkat Kemampuan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Ijirana. Setiap siswa memiliki kemampuan metakognisi yang berbeda-beda. Pemecahan masalah kimia memerlukan keterlibatan metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang metakognisi siswa dalam memecahkan masalah hukumhukum dasar kimia. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Palu dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga datanya berupa hasil tes essai. Hasil tes essai tersebut dianalisis dan ditentukan jenjang metakognisinya berdasarkan indikator jenjang metakognisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada tiap skor tinggi, sedang, rendah, dalam memecahkan masalah hukum-hukum dasar kimia, siswa yang memiliki hasil belajar yang tinggi di dalam kelas umumnya berada pada jenjang metakognisi Reflective Use. Siswa yang memiliki hasil belajar yang sedang di dalam kelas umumnya berada pada jenjang metakognisi Strategic Use. Dan siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah di dalam kelas umumya berada pada jenjang metakognisi Aware Use. Kata kunci: Jenjang Metakognisi, Pemecahan Masalah, Hukum-Hukum Dasar Kimia |