JudulAnalisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tinombo Selatan |
Nama: HIKMA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran kimia siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tinombo Selatan meliputi sikap terhadap belajar, motivasi, minat dan kesehatan; (2) faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tinombo Selatan meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan angket faktor-faktor kesulitan belajar. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar sebagai berikut : indikator sikap terhadap belajar sebesar 16,44 %, indikator motivasi sebesar 13,45 %, indikator minat sebesar 18,26 %, dan indikator kesehatan sebesar 18,88 %. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 23,23 %, indikator sekolah sebesar 87,77 %, sedangkan indikator masyarakat sebesar 25,16 %. |