JudulPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Gaya Belajar Dimensi Aktif Dan Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Palu Pada Materi Laju Reaksi |
Nama: ANGRYANI KARYANTO |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Angryani Karyanto, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Gaya Belajar Dimensi Aktif dan Visual terhadap Hasil belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Palu pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan gaya belajar dimensi aktif dan visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI MAN 2 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one-group pretest-postest design. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan siswa kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelas yaitu rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 87,61 dan kelas kontrol sebesar 78,44. Hasil belajar dianalisis dengan uji effect size yang digunakan untuk menentukkan pengaruh hasil belajar siswa yaitu sebesar 0,9. Uji effect size 0,9 ini menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 82?ngan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan gaya belajar dimensi aktif dan dimensi visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Palu pada Materi Laju Reaksi. Kata Kunci: Model inkuiri terbimbing, gaya belajar, dimensi aktif, dimensi visual, hasil belajar, dan materi laju reaksi. |