JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: YULIA A LAMBUANGI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Yulia lambuangi. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Palu pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Kasmudin Mustapa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes seleksi responden, tes essai, dan wawancara. Tes seleksi responden terdiri dari 20 butir soal yang diberikan kepada 30 siswa untuk menentukan 6 responden dan tes essai berupa soal uraian kemampuan berpikir kreatif pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit sebanyak 8 butir soal yang diberikan kepada 6 responden yang terpilih. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek elaborasi, keluwesan dan originalitas, dan kelancaran berada pada kategori sedang, dan aspek kebaruan berada pada kategori rendah, sehingga dapat dikatakan pada SMA Negeri 3 Palu X MIA 7 berada pada kategori sedang. Disarankan bagi guru perlu membiasakan siswa untuk mengerjakan soal-soal yang menuntut kreativitas siswa, sehingga siswa akan terlatih dalam berpikir kreatif. Kata kunci : Analisis, Berpikir Kreatif, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. |