Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X SMA Negeri 2 Palu
Nama: Juana Melani. K
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Juana Melani. Kompudu, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X SMA Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Supriadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada kelas X SMA Negeri 2 Palu. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group pretes-posttes design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen I (n = 35), kelas X MIA 8 sebagai kelas eksperimen 2 (n = 34) dan kelas X MIA 9 sebagai kelas eksperimen 3 (n = 34). Pengujian data dari keterampilan berpikir kreatif menggunakan deskriptif kuantitatif yang diberikan setelah pembelajaran (postest). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen pertama adalah 87 dengan kriteria sangat kreatif, nilai rata-rata kelas eksperimen kedua adalah 82,7 dengan kriteria sangat kreatif, dan nilai rata-rata kelas eksperimen ketiga adalah 84 dengan kriteria sangat kreatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada kelas X SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kreatif, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up