JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 4 SIGI |
Nama: HOLIFIELD WIDASTRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Holifield Widastra, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Virtual Laboratory pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Virtual Laboratory pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 4 Sigi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non randomized pretest-postest control group. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok yaitu kelas X MIA 2 kelompok eksperimen (n = 25) dan kelas X MIAn 2 kelompok kontrol (n = 26). Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata () kelas eksperimen 60,56 dengan standar deviasi 7,37 dan rata-rata () kelas kontrol 57,22 dengan standar deviasi 8,19. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t dua pihak diperoleh –ttabel ? thitung ( +ttabel (thitung 1,59 dan ttabel 1,23) dengan taraf signifikansi (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 49. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan disimpulkan bahwa metode pembelajaran STAD berbantuan Virtual Laboratory berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 4 Sigi. Kata Kunci : STAD, Virtual Laboratory, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Aktivitas, Hasil Belajar. |