JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA KONSEP PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BAGI SISWA KELAS XI SMAN 5 MODEL PALU |
Nama: Moh Rizal S. Lapato |
Tahun: 2019 |
Abstrak Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Kelemahan proses ini memberi pengaruh buruk pada hasil belajar siswa pada setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, termasuk mata pelajaran kimia khususnya materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Model Palu dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan pengaruh penerapan model pembelajaran inquiri terbimbing berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian siswa di kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing) yang berjumlah 26 siswa dan siswa di kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning) yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar kimia pada materi hidrolisis garam yang telah di validasi terlebih dahulu. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis statistik, diperoleh data skor rata-rata tes akhir belajar pada kelas eksperimen = 65,58 dan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata = 56,06. Diperoleh nilai untuk statistik parametrik sebesar = 3,371 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,001. Sedangkan = 2,002 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan derajat kebebasan (DK) = 57. Nilai lebih besar dari (3,371 > 2,002), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dimana rumusan H1 yaitu, hasil belajar siswa materi hidrolisis garam kelas XI IPA 2 lebih tinggi dibandingkan kelas XI IPA 3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar materi hidrolisis garam antara kelas XI IPA 2 dengan kelas XI IPA 3. Dimana skor rata-rata tes akhir belajar kelas XI IPA 2 lebih tinggi dibanding kelas XI IPA 3. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, peta konsep, Hidrolisis Garam, Hasil Belajar. |