Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN PADA MATERI ASAM BASA
Nama: Zulkifli
Tahun: 2019
Abstrak
Zulkifli, 2019.“Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dampal Selatan pada Materi Asam Basa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mery Napitupulu (II) Irwan Said. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 30 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian keterampilan berpikir kritis. Analisis uji hipotesis menggunkan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 10,65>2,00. Data ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Asam Basa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up