JudulEfektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa Di SMA Negeri 1 Buko Tahun Ajaran 2018/2019 |
Nama: YULIANTI SIAKO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Yulianti Siako, 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa di SMA Negeri 1 Buko Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok larutan asam basa di SMA Negeri 1 Buko tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah true eksperiment dengan desain non randomized posttest two group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA dengan teknik pengambilan sampel adalah metode sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak untuk menguji ketuntasan hasil belajar individu, dan uji ketuntasan klasikal untuk menguji persentase ketuntasan belajar secara keseluruhan Hasil analisis data diperoleh kelas eksperimen 1 (X1) M= 75,5 ; SD= 10,71, dan kelas eksperimen 2 (X2) M=76,43; SD= 12,77. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t satu pihak pada kelas eksperimen 1 dan 2 diperoleh thitung > ttabel (2,321 > 1,740 ; 2,306 > 2,101) dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan derajat kebebasan 18 dan 19, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian, hasil uji ketuntasan klasikal yang diperoleh pada kelas eksperimen 1 adalah 80?n kelas eksperimen 2 adalah 80,95%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok larutan asam basa di SMA Negeri 1 Buko tahun ajaran 2018/2019. |