JudulANALISIS PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN LABORATORIUM KIMIA DI SMA NEGERI 4 SIGI |
Nama: MOH ILPAN SAMIUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Moh Ilpan Samiun, (2022). Analisis Peran Guru dalam Pemanfaatan Laboratorium Kimia di SMA Negeri 4 Sigi . Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Prof. Dr. Hj.Sitti Nuryanti, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dan kendala guru dalam pemanfaatan laboratorium kimia serta solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) peran guru sebagai pengelola kelas dan guru sebagai fasilitator, mengembangkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat-alat belajar dan memungkinkan siswa bekerja dan belajar serta menyediakan fasilitas yang memungkinkan anak didik dapat belajar secara optimal mendapatkan hasil yang kurang baik. (2) kendala yang utama ialah sarana dan prasaran yang kurang memadai yaitu alat dan bahan yang kurang, kurangnya alokasi waktu guru dan kurangnya kesiapan guru. (3) solusinya menyediakan alat dan bahan alternatif, melakukan rapat kembali dengan kepala sekolah membahas kelengkapan alat dan bahan, membahas alokasi waktu guru, dan memberi masukan agar penanggung jawab laboratorium dan guru kimia bisa diikutkan dalam pelatihan pengelolaan laboratorium kimia Kata Kunci: Peran Guru, Pemanfaatan Laboratorium, Kimia |